Pages

Wednesday, October 5

Unsur Pembangun Fiksi Naratif

Sinopsis.

Sinopsis merupakan ringkasan cerita dengan mengutamakan alur atau plot yang tepat dan menarik dari suatu cerpen, novel, atau drama. Sinopsis dapat pula diartikan sebagai ikhtisar karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan aslinya agar pembaca tertarik untuk membaca isi utuh karangan tersebut. Dengan demikian, penulis sinopsis hendaknya mampu memberikan dorongan kepada pembaca agar tertarik membeli buku yang ada di depannya dan menggerakkan keinginan pembaca untuk membaca sebuah karangan dengan segala cara agar lebih nikmat dan jelas daripada hanya membaca sinopsisnya saja.

Bahasa.

secara umum dapat difenisikan sebagai lambang. Pengertian lain dari bahasa adalah alat komunikasi yang berupa sistem lambang yang dihasilkan oleh alat ucap pada manusia.Perlu kita ketahui bahwa bahasa terdiri dari kata-kata atau kumpulan kata. Masing-masing mempunyai makna, yaitu, hubungan abstrak antara kata sebagai lambang dengan objek atau konsep yang diwakili Kumpulan kata atau kosa kata itu oleh ahli bahasa disusun secara alfabetis, atau menurut urutan abjad, disertai dengan penjelasan artinya dan kemudian dibukukan menjadi sebuah kamus atau leksikon.Pada waktu kita berbicara atau menulis, kata-kata yang kita ucapkan atau kita tulis tidak tersusun begitu saja, melainkan mengikuti aturan yang ada. Untuk mengungkapkan gagasan, pikiran atau perasaan, kita harus memilih kata-kata yang tepat dan menyusun kata-kata itu sesuai dengan aturan bahasa. Seperangkat aturan yang mendasari pemakaian bahasa, atau yang kita gunakan sebagai pedoman berbahasa inilah yang disebut Tata bahasa.Untuk selanjutnya yang berhubungan dengan tata bahasa akan dibahas lebih detail lagi yaitu tentang fonologi, morfologi, sintaksis, semantik dan etimologi.

Pengertian :

Fonologi ialah bagian tata bahasa yang membahas atau mempelajari bunyi bahasa.

Morfologi  ialah mempelajari proses pembentukan kata secara gramatikal beserta unsur-unsur dan bentuk-bentuk kata.

Sintaksis membicarakan komponen-komponen kalimat dan proses pembentukannya.

Semantic ialah bidang ilmu bahasa yang secara khusus menganalisis arti atau makna kata.

Etimologi ialah membahas asal-usul bentuk kata


Alur.

Di dalam sebuah alur belum tentu terdapat plot, sebaliknya sebuah plot sudah pasti akan membentuk alur. Lalu apakah plot dan alur itu?
Forster dalam Aspec of Novel mengartikan alur atau jalan cerita sebagai sebuah narasi berbagai kejadian yang sengaja disusun berdasarkan urutan waktu. Atau peristiwa demi peristiwa yang susul menyusul.
Sedangkan plot adalah hubungan kausalitas (sebab-akibat) sebuah peristiwa dengan peristiwa yang mendahuluinya atau peristiwa setelahnya. Bahasa sederhananya, hubungan sebab-akibat antarperistiwa dalam sebuah cerita.

Watak/karakter.

berhubungan dengan peran si pelaku atau tokoh dalam suatu narasi.

Suasana.

berhubungan dengan kesan yang ditimbulkan sehingga pembaca dapat ikut    membayangkan dan merasakan suasana yang dihadapi pelaku.

Sudut pandang.

berhubungan dengan dari mana penulis memandang suatu peristiwa.
















Dari berbagai Sumber.

0 comments:

Post a Comment